Mengenali Keausan Pada Mesin Bubut

Mengenali Keausan Pada Mesin Bubut


Seiring waktu, semua mesin yang terbiasa dipakai akan menjadi aus satu derajat atau milimeter. Pada mesin bubut, komponen utama yang aus dan akan memberikan masalah. Yang paling utama memberi pengaruh dan memegang toleransi adalah bantalan poros, bed, eretan,baik melintang,atas maupun sadelnya. Juga leadscrews dan murnya. Barang-barang ini sulit untuk memperbaikinya.
Ada banyak bagian yang bergerak lainnya pada mesin bubut yang dapat aus atau pecah. Jika memungkinkan, mereka harus diperbaiki. Mungkin bagi pemula belum begitu faham tentang suatu kausan telah terjadi. Ini sebenarnya bisa dikenali dari gerakan mesin bubut atau hasil pekerjaan/bubutan dari mesin itu sendiri. Berikut adalah beberapa keadaan yang menandakan keausan telah terjadi....
"Hasil bubutan tirus,misalnya dalam membubut lurus sepanjang 500mm antara ujung satu dengan lainnya ada perbedaan 1mm...."
Tiga penyebab utama mesin bubut menghasilkan pemotongan  yang tidak lurus adalah
  • tailstock yang tidak pusat, 
  • keausan di bed mesin bubut 
  • mesin tidak level/rata.
bedways atau lintasan,salah satu bagian yang paling sering mengalami keausan,karenanya pelumasan adalah wajib 
"Hasil bubutan seperti oval. Ketika diukur dengan posisi berbeda 90 derajat ada selisih besar diameternya. Terjadi baik kala membubut luar maupun membubut diameter dalam(lubang)......"
Hal ini biasanya dikarenakan karena bearing-bearing pada spindel utama  atau poros mesin bubut sudah aus/gocak/longgar. Memang untuk menggantinya membutuhkan waktu cukup banyak,mengingat kita harus membongkar headstock  sebaiknya juga memeriksa  baring-bearing pada sumbu transmisi.

spindle bearing


"Gerakan maju saat membubut ulir/drat seperti putus-putus. Kadang tuas otomatis ulir (pembawa) lepas hingga hasil bubutan jadi rusak...."
Hal ini biasanya terjadi karena mur belah,yang digerakkan oleh tuas tersebut sudah aus atau kotor oleh gram. lakukan pembersihan dan penyetelan. Tapi yang lebih umum justru poros ulirnya yang aus duluan. Biasanya bisa dibalik posisinya,bagian yang masih bagus ditaruh di depan. Tentu akan ada sedikit penyesuaian.

mesin bubut

"half nut" mur dalam tuas otomatis drat


Itulah tanda-tanda keausan umum di mesin bubut yang bisa saya share kali ini. Semoga bermanfaat.....

0 komentar:

Posting Komentar

 

ALFATech © 2011 Design by Best Blogger Templates | Sponsored by HD Wallpapers